Jan 6, 2014

Demokrasi Digital : "Meningkatkan Pengaruh Di Lingkungan Publik" Last Moyo

NAMA: DEWA GEDE OKA R
NPM : 51412938
MK   : SOFTSKIIL

Hal: 149-152

Tapi mengapa ‘SMS’ telah dipandang sebagai kegiatan kaum muda ? jawaban dari pertanyaan ini juga menunjukan hubungan dekat antara ponsel dengan teknologi lainnya. Sebagai contoh Marge Eldrige dan Rebecca Grinter menegaskan bahwa :
Satu alasan itu mengapa remaja menggunakan pesan teks adalah untuk mengefisienkan waktu menggobrol dan untuk menyesuaikan jadwal yang telah di buat. Untuk contoh, mereka kadang-kadang menulis pesan ketemanya untuk melihat waktu yang cocok untuk menelpon mereka dijalur telepon atau mengobrol dengan mereka di internet.
(Eldridge and Grinter 2001: 1)


Penelitian tentang sifat dinamis dari telpon seluler di ranah public sangat menarik. Bagaimana, ini boleh digunakan oleh sebagain besar penduduk Negara Eropa barat dan Amerika utara dimana penduduk muda juga menggunakan ponsel dan layanan penyedian memberikan tarif untuk sms dan telpon sebagai persaingan mereka di pasaran. Mengingat “Kesenjangan Digital”(lihat bab 8) yang mempengaruhi Negara-negara berkembang sepert kawasan Amerika selatan dan Afrika, ponsel dan saluran telepon sebagian besar berhubungan dengan orang dewasa dan lembaga, dan karena itu, cenderung menjadi saluran pertukaran verbal dan “tekstual”, meskipun kadang-kadang orang juga mengedarkan candaan diantara mereka sendiri. Untuk contoh, di Zimbabwe dan Negara Afrika lainnya, ‘text me’ atau ‘beb me’ banyak digunakan oleh orang terkait dengan populasi orang dewasa muda karena biaya jasa dilarang.

Secara teoritis, ponsel memiliki potensi besar untuk mempromosikan ‘timeous’ dan jurnalisme yang efektif untuk media berita. Jurnalis dengan ponsel tidak hanya diharapkan utuk sms dan layanan data, tetapi juga untuk kamera ponsel dan internet mobile untuk penelitian mereka. Dalam jurnalisme ponsel telah diperluas publik untuk ‘mengkonversi’ setiap orang yang membawa ponsel kamera untuk keperluan jurnalis. Banyak cerita media saat ini, terutama di Eropa Barat dan Amerika Utara, banyak gambar dari peristiwa dramatis yang diambil oleh orang-orang biasa yang membawa ponsel yang terpasang kamera (lihat bab 4). Hal ini karena meskipun orang tidak selalu membawa kamera disekitar tetapi mereka cenderung bersama ponsel mereka.

ponsel telah memperluas di ranah public media berita dalam arti bahwa masyarakat sekarang dipersenjatai dengan alat penting yang memberikan bukti bergambar untuk keperluan jurnalis. Gambar dari ponsel dapat menguatkan bukti sebagai sumber berita. Dalam laporan disebutkan ‘Informasi kaya, informasi miskin : menjembatani kesenjangan digital’ BBC Kate miller contoh menarik dimana kamera ponsel telah terbukti meningkatkan media ranah public. Menurut Miller pristiwa beriku terjadi pada tahun 2004 :

•Penerbangan dari Switzerland menuju Dominican Republic telah diaktifkan sekitar setelah seseorang dengan kamera mengambil gambar sepotong logam jatuh dari pesawat setelah lepas landas dari Zurich. Menurut BBC, ini juga telah dilaporkan oleh harian Swiss, Le Matin.
•Dua perampok yang merampok bank di Denmark telah di snap oleh seseorang dengan kamera ponsel seluler sebelum mereka melakukan kejahatan saat sedang menunggu di depan pintu gedung yang akan dibuka (juga dilaporkan oleh harian Denmark daerah paper Aarhus Stiftstidende.

Pada 2007, eksekusi Saddam Hussein diam-diam direkam dalam sebuah ponsel ini menunjukan bahwa eksekusinya yang seharunya tidak disebarkan telah diperlihatkan sebagai video resmi Negara. Mobile video yang beredar luas dimedia berita diseluruh dunia. Jelas teknologi ponsel telah memberikan dampak pada media berita ranah publik. Sedangkan konstribusi positif ponsel keranah publik jelas dilihat (setidaknya untuk masyarakat yang memiliki teknologi ini), ada juga sinisme tentang vakum etika yang dihadapi anggota masyarakat yang tidak lain adalah ‘wartawan ponsel’. Taukah mereka apa yang dipotret, kapan untuk memotret, mengapa dipotret atau bahkan bagaimana memotret dengan cara yang tidak merusak kualitas pelayanan kelompok wartawan. Apakah kamera ponsel tidak menjerumuskan wartawan kedalam sensani yang dibawa oleh ’paparazi mobile’ ? jika demikian dimana hal ini meninggalkan media berita ranah publik dalam hal wacana dengan alasan yang ditandai analis, keadilan, ketidakberpihakan, kelngkapaan dan informasi pendapat.

Kesimpulan

Tapi apa yang dapat kita katakan tentang internet dan ponsel yang meyediakan layanan infrastruktur untuk media berita dan ruang publik politis masyarakat sipil ? jelas, potensial internet untuk menciptakan ranah public yang rusak karena faktor-faktor seperti keterjangkauan, aksesbiliti, dan ketersediaan (lihat bab 8). Meskipun demikian, sementara harga global komputer pada umumnya terlalu tinggi, akses informasi melalui internet tampaknya meningkat karenan titik akses public seperti warnet dan perpustakaan umum. Melalui akses kelembagaan dan publik di warnet dan perpustakaan umum, karena itu dapat dikatakan internet (dan ponsel ketingkat yang lebih rendah) akan memperluas akses informasi di seluruh dunia. Namun, itu juga harus dicatat bahwa internet tidak menciptakan ruang publik melainkan disiolasi dari media masa tradisonal karena konvergensi. Seperti Roger Fiddler berpendapat, 'Media Baru tidak biasanya mengganti media yang ada, melainkan memodifikasi dan [melengkapi] mereka '(1994: 25). Mungkin kita perlu mengingat ini sebelum kita menjadi terlalu utopis tentang kekuatan emansipatoris era digital.

Rekomendasi bacaan
Calhoun, Craig (ed.) (1992) Habermas and the Public Sphere. London: The MIT Press.
Dahlgren, Peter and Sparks, Colin (1999) Communication and Citizenship: Journalism
and the Public Sphere. London: Routledge.
Fraser, Nancy (1992) Rethinking the public sphere: a contribution to the critique of
actually existing democracy, in C. Calhoun (ed.) Habermas and the Public Sphere.
London: The MIT Press.
Habermas, Jurgen ([1989] 1992 Orig pub in 1989) The Structural Transformation of the
Public Sphere: An Inquiry Into a Category of Bourgeois Society. Cambridge: Polity Press.
Hacker, Kenneth et al. (eds) (2000) Digital Democracy. London: Sage Publications.
Studi Kasus : Pemilihan
Elektronik Di Haiti

Tim Pershing

Sistem penilaian digital dan database pendaftaran pemilih telah menjadi umum di sebagian besar pengembangan demokrasi. Mereka bukan tanpa kontroversi, karena mesin layar sentuh dapat di hack tiap menit oleh ahli pemeriksa dan kunci dari cadangan kertas merupakan harapan dari ketdakmungkinan pengesahan kembali. System pemungutan suara manufaktur menawarkan dukungan pemilihan elektronik di seluruh dunia, bersemangat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia di dalam pasar besar. Di Amerika 50 negara bagian yang mendaftaraka database untuk manipulasi politik. Setiap Negara memiliki kontrol pemilu dan system yang digunakan bervariasi : Oregon adalah suara melalui surat sedangkan Negara New York masih melakukan pemilihan melalui pemungutan suara yang masih sangat sulit (kecuali anda adalah pilihan terbaik dari partai republic demokrat). Web menjadi alat utama partai politik dalam berkampanye sebagai jangkauan yang digunakan untuk memotivasi anggota partai, mengumpulkan dana, melacak acara dan menghaslkan protes. Bahkan cek bloger ( atau menempa fakta) dan kejanggalan politik menjadi instan di youtube. Semua ada 21 patai politik di abad ini, penggunaan teknologi baru berguna untuk bersaing dengan lawan ? Apakah mesin voting dibuat hanya untuk menambahkan kedalam sejarah system pemilihan yang dibuat untuk menjaga kejujuran atau mungkin untuk memanipulasi pemilihan.

Semua teknologi digital ini mungkin baik di Eropa, Amerika Utara dan lainnya negara-negara maju di mana jaringan listrik diambil untuk diberikan, kesenjangan digital (lihat di atas) ditentukan oleh jumlah komputer di rumah dan precursor Teknologi voting layar sentuh, mesin teller bank otomatis, di mana-mana. Tapi bagaimana mengembangkan demokrasi negara, tempat-tempat seperti Benin, Afghanistan, Mongolia atau Haiti? Apakah teknologi abad kedua puluh yang sesuai di negara-negara di mana signifikan bagian-bagian dari negara ini masih hidup lebih dekat dengan abad kesembilan belas? Yang merupakan pilihan yang lebih baik, database digitalyang rumit dan kartu suara scanable untuk memastikan satu orang satu suara, atau menandai seseorang dalam tinta ungu tak terhapuskan, memastikan memlih 'satu kali saja' ? dapatkah digital demokrasi mencerminkan norma-norma demokrasi dan praktek atau kesenjangan digital demokratis yang terlalu luas sebagai jembatan dalam mengembangkan demokrasi (bahkan dengan sistem satelit, panel surya dan wi-fi?).

Seri terbaru dari pemilihan umum di Haiti dapat memberitahu kita banyak tentang hi-tech dalam negara yang relatif miskin. Haiti, di lepas pantai selatan Florida, adalah tanah terpisah dari tetangganya. Ini adalah negara termiskin di Barat belahan dan salah satu termiskin di dunia. Listrik langka atau tidak ada di sebagian besar negara, dan jika lampu menyala yang paling sering melalui Generator pribadi. Port-au-Prince, ibukota dan pusat sosio-politik negara,
bertahan pada listrik sporadis selama beberapa jam sehari, listrik yang kadang gagal muncul selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu (meskipun tagihan listrik terus datang). Tidak ada lampu lalu lintas, dan swathes kota besar yang padam setiap malam. Coba bayangkan Belgia, dengan populasi berukuran serupa, berfungsi pada pasokan listrik yang sama.

Sistem telepon darat adalah kuno dan dengan cepat digantikan oleh persaingan sistem seluler , meskipun masih akan menjadi tahun sebelum cakupan selesai di Pegunungan pedesaan Haiti . Buta huruf berjalan sekitar 60 persen , pengangguran hampir sama . Jalan raya nasional utama tidak lain terdapat banya kotoran di setiap tempat , dan kerap terjadi banjir untuk dilalui di musim hujan . Mayoritas penduduk tidak memiliki air yang mengalir , atau bahkan akses ke air minum . Geng Lawless menjalankan daerah kumuh kota-kota dan pengedar narkoba internasional memindahkan produk melalui untended pelabuhan dan lapangan udara , ditujukan untuk menguntungkan pasar Eropa . Pada tahun 2000 , Presiden Haiti yang terpilih, Jean Betrand Aristide , mulai kebuntuan dengan lawan internasional dan domestic, berakhir dengan negara dalam kekacauan pada 2004 dan Presiden di pengasingan di Afrika Selatan . Daftar masalah , dari layanan kesehatan untuk pendidikan korupsi berjalan pada . Jadi dengan beberapa kejutan bahwa pada tahun 2005 , dilaporkan bahwa ditunjuk Pemerintah sementara , diletakkan di tempat untuk mengelola pemilu setelah kepergian Presiden Aristide , sedang mempertimbangkan mesin pemilihan layar sentuh untuk pemilihan umum nasional mendatang.

Pemilihan layar sentuh ? Di Haiti ? Bagaimana mereka akan didukung , siapa yang akan membayar untuk mereka , siapa yang akan menjalankan mereka , siapa yang akan mempercayai mereka ? Pada akhirnya , Teknologi layar sentuh tidak datang ke Haiti dalam siklus pemilu , tapi beberapa upaya solusi digital untuk mimpi buruk logistic dalam menjalankan pemilu di Haiti. Ada banyak cela pengenalan teknologi tersebut seperti infrastructurally negara . Bagaimana Anda memasok tenaga listrik untuk komputer atau kereta dan lapangan teknisi yang dibutuhkan? Akankah menciptakan sistem penghitungan komputerisasi double-blind terpusat ? Posting akan diperbarui di situs Dewan Pemilihan Sementara itu mengurangi suara penipuan dan menghasilkan legitimasi pemilu tertandingi atau hasil dalam tuduhan konspirasi internasional untuk memanipulasi suara ? akankah petani yang buta teknologi percaya apa yang belum pernah dilihat sebelumnya ? Bagaimana orang yang tinggal di daerah terpencil , desa-desa pegunungan roadless mendapatkan akses ? Akankah pemerintah Haiti terpilih memiliki kemampuan untuk mempertahankan , meningkatkan dan terus membayar untuk rumit, teknologi , canggih , sistem pemilu ? Pertanyaan-pertanyaan ini memiliki manfaat, dan semua menemukan beberapa tingkat jawaban dalam pendekatan akhirnya digunakan . Sesuatu yang lain adalah ditemukan meskipun, sesuatu yang umum sepanjang sejarah , ketika teknologi terbaru adalah diperkenalkan ke lingkungan baru , konsekuensi yang tidak diinginkan terjadi. pikirkan mesiu ke Eropa, pesawat dengan perang , dan pemerintahan yang demokratis ke otoriter negara , di mana ia dapat menghasilkan Mandella atau Mugabe .

Meskipun upaya oleh elit politik (tidak diragukan lagi berharap untuk keuntungan financial melalui pertukaran) teknologi mesin pemilihan layar sentuh akhirnya dibuang mendukung kertas surat suara dan menghitung tangan, tapi lain elemen Proses yang dilaksanakan oleh Dewan Pemilihan Sementara dengan dukungan PBB Misi, Misi Stabilisasi PBB di Haiti (MINUSTAH).

No comments:

Post a Comment