Feb 27, 2019

Symfony 4 : Instal Symfony 4 Pada Windows (Part 2)


Untuk menggunkan Framework Symfony yang pertama dilakukan adalah menginstal Framework tersebut. Kali ini saya akan memberikan tutorial install symfony 4 pada windows dengan bantuan compiler CMD,adapun hal yang perlu dipersiapkan untuk menginstal Symfony adalah sebagi berikut:
1.Composer
2.PHP ver.7 
3.CMD

Composer


Pertama pastikan telah menginstal composer pada laptop/pc anda, jika belum kunjungi situs resmi composer lalu pilih menu download dan klik tulisan composer setup.exe seperti gambar di bawah ini 


Download lalu install, setelah itu cek pada cmd lalu ketikan perintah "composer" untuk mengecek apakah composer sudah tersambung pada cmd.


PHP 7


Upgarde PhP ke versi 7 keatas, kalian juga bisa reinstall xampp versi terbaru jika versi xampp kalian masih lama karena versi terbaru xampp sudah termasuk php versi 7 keatas.

Mulai Install Symfony 4


Buka cmd, masuk ke direktori dimana nantinya kalian ingin menyimpan folder project app-symfony yang telah diinstall, disini saya menyiman xampp pada local disk c. Ketikan perintah berikut pada cmd untuk menginstall Symfony 4 :
c:/xampp/htdocs>composer create-project symfony/website-skeleton symfony1
note :
symfony1 adalah nama folder project yang dibuat.
tunggu sampai proses install selesai


setelah selesai proses install, masuk ke directori symfony1, jika berhasil masuk direktori, itu artinya folder berhasil dibuat dan kalian bisa cek folder tersebut :


masuk pada browser dan ketikan perintah  http://localhost/symfony1/public/


jika berhasil maka akan muncul page default symfony beserta versinya.

Oke itu tadi cara menginstall symfony 4 pada windows , sampai jumpa lagi.

referensi :

https://getcomposer.org/ 

https://symfony.com/4 

No comments:

Post a Comment