Oct 25, 2018

Mengenal Cloud Computing


Apa itu Cloud Computing?
Cloud computing atau komputasi awan adalah suatu pengembangan teknologi komputer (komputasi) dengan jaringan dimana jaringan (internet) sebagai pusat pengolahan data dan aplikasi. dalam hal ini pengguna diberikan hak akses (login) dari sebuah aplikasi untuk mengolah data.

Sejarah Cloud Computing 
Cloud computing awalnya dikenal dengan nama "Intergalactic Computer Network", diciptakan oleh J.C.R Lick Lider yang kemudian menjadi penanggung jawab pembangunan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) pada tahun 1969. 
Lick Lider mempunyai keinginan agar setiap orang di dunia dapat saling terhubung dan dapat mengakses data maupun program dari berbagai situs dari berbagai tempat. Dasar dari pendapat Lick Lider setelah itu berlanjut, beberapa ahli pakar memberikan tambahan dari konsep Lick Lider, salah satunya adalah John McCarthy yang memberikan gagasan mengenai sebuah jaringan komputer dan cloud computing pun berkembang seiring dengan perkembangan internet dan web, tapi pada tahun 1990an terjadi perkembangan bandwidth yang bisa dibilang cukup besar membuat intenet lebih maju daripada cloud computing.
Hingga Pada Tahun 1999 storage.salesforce.com yang merupakan pencetus pertama aplikasi perusahaan yang dijalankan dengan Internet. Yang kemudian perkembangan cloud computing diikuti dengan web Amazon pada tahun 2006 yang menggunakan teknologi Elastic Compute Cloud.

Apa Saja Manfaat dari Cloud Computing?
Ada banyak sekali manfaat dari cloud computing diantaranya :
- Akses data melalui internet dari mana saja
- Mengurangi biaya
- Kita dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas storage yang dibutuhkan

Cloud computing saat ini sudah sangat berkembangan dan telah banyak aplikasi-aplikasi berbasis cloud computing seperti Drop Box, Google Drive, Google Doc yang dapat memudahkan aktivitas kita dalam menyimpan, mengolah, serta mengakses data kita dimana saja asalakan kita dapat terhubung menggunakan internet. 

Nah itu tadi sedikit penjelasan dari saya mengenai Cloud Computing semoga bisa bermanfaat bagi kalian...
 

No comments:

Post a Comment