Mar 23, 2014

WEB SCIENCE

Hallo sahabat Bloger, apakah baik-bak saja ? saya harap semuanya  dalam keadaan sehat :) . Sehubungan dengan adanya mata kuliah Softskill  di semester 4 ini,kali ini saya akan memposting mengenai "WEB SCIENCE" bersama kelompok saya yaitu kelompok 4 :
1.AGUS HARYANTO   (50412391)
2.AYODYA MAHENDRA W (51412274)
3.DEWA GEDE OKA R (51412938)
4.MUTIAH YULIANTI (55412181)

Mata kuliah Soft Skill di semester ini sama dengan judul postingan kami yaitu “Web Science”, di dalam dalam postingan, kami membahas tentang Pengertian Web Science, Sejarah Web Science, Arsitektur Web dan Aplikasi Utama, Web Science dan Metodologi, dan Web Semantik. Sekilas tentang Teknologi, di jaman yang modern ini tidak diragukan lagi bahwa hampir semua orang mengenal apa itu yang dinamakan teknologi ? ya Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.dan kita pasti tahu perkembangan teknologi sekarang ini, dengan adanya teknologi semua jadi mudah dalam arti segala sesuatu yang kita kerjakan dapat efisien.
 ________________________________________________________________________________

 

Apakah Web Science itu ? dan bagaimana dengan sejarah Web ?
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

SEJARAH WORLD WIDE WEB ( WWW )
Pada tahun 1980, Tim Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire , sebagai database pribadi orang dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai cara untuk bermain dengan hypertext ; setiap halaman baru informasi dalam Enquire harus terhubung dengan halaman yang ada.

Pada tahun 1984 Berners-Lee kembali ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi informasi: fisikawan dari seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan tanpa mesin umum dan tidak ada perangkat lunak presentasi umum. Dia menulis sebuah proposal Maret 1989 untuk "database hypertext besar dengan link diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru diperoleh NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama, termasuk Mesh Informasi, Tambang Informasi (ditolak karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW) atau Tambang Informasi (ditolak karena abbreviates untuk MOI yang "Me" dalam bahasa Perancis), tetapi menetap di World Wide Web.

PENGEMBANGAN WEBSITE 

Pengembangan Web adalah istilah luas untuk pekerjaan yang terlibat dalam mengembangkan situs web untuk internet ( World Wide Web ) atau Intranet (jaringan pribadi). Hal ini dapat mencakup desain web , pengembangan konten web , penghubung klien, sisi klien / server-sidescript , web server dan keamanan jaringan konfigurasi, dan e-commerce pembangunan. Namun, kalangan profesional web, "web development" biasanya mengacu pada non-desain aspek utama membangun situs web: menulis mark up dan coding . Pengembangan web dapat berkisar dari mengembangkan halaman statis sederhana tunggal teks biasa ke berbasis web yang paling kompleks aplikasi internet , bisnis elektronik , atau layanan jaringan sosial .

PENGEMBANGAN WEB SEBAGAI SEBUAH INDUSTRI 
Perusahaan pengembangan situs Web yang lebih kecil sekarang mampu membuat desain web diakses baik perusahaan kecil dan individu lebih mendorong pertumbuhan industri pengembangan web. Sejauh alat pengembangan web dan platform prihatin, ada sistem yang tersedia untuk muatan umum gratis untuk membantu dalam pembangunan. Contoh yang populer adalah LAMP ( Linux , Apache , MySQL , PHP ) stack, yang biasanya dibagikan secara gratis. Fakta ini saja telah diwujudkan ke banyak orang di seluruh dunia membuat situs Web baru setiap hari dan sehingga memberikan kontribusi untuk meningkatkan popularitas pengembangan Web. Faktor lain telah bangkitnya mudah untuk menggunakan WYSIWYG web pengembangan perangkat lunak, yang paling menonjol Adobe Dreamweaver , Netbeans , Webdev , atau Microsoft Expression Studio , Adobe Flex . Menggunakan perangkat lunak tersebut, hampir setiap orang dapat mengembangkan halaman Web dalam hitungan menit. Pengetahuan tentang HyperText Markup Language ( HTML), atau bahasa pemrograman lain tidak diperlukan, tetapi disarankan untuk hasil yang profesional.

PERTIMBANGAN KEAMANAN 
Pengembangan Web memperhitungkan pertimbangan keamanan, seperti kesalahan entri data pengecekan melalui bentuk-bentuk, output filtering, dan enkripsi. Praktek berbahaya seperti injeksi SQL dapat dilakukan oleh pengguna dengan niat buruk namun dengan pengetahuan hanya primitif pengembangan web sebagai keseluruhan. Script dapat dimanfaatkan untuk memberikan akses tidak sah ke pengguna yang jahat mencoba untuk mengumpulkan informasi seperti alamat email, password dan konten yang dilindungi seperti nomor kartu kredit. Beberapa ini tergantung pada lingkungan server (paling sering Apache atau Microsoft IIS ) yang bahasa scripting, seperti PHP , Ruby , Phyton ,Perl atau ASP berjalan, dan karena itu belum tentu sampai ke pengembang web sendiri untuk mempertahankan . Namun, pengujian ketat aplikasi web sebelum rilis publik didorong untuk mencegah eksploitasi tersebut terjadi. Menjaga web server aman dari gangguan ini sering disebut Server Port Pengerasan. Banyak teknologi ikut bermain menjaga informasi di internet yang aman ketika ditransmisikan dari satu lokasi ke lokasi lain. Misalnya Secure Socket Layer Enkripsi ( SSL ) Sertifikat dikeluarkan oleh otoritas sertifikat untuk membantu mencegah penipuan internet.

 Mengenai HTTP dan Generasi Web

HTTP
HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web(W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force(IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1,1, versti HTTP yang digunakan umum sekarang ini.
WEB 1.0, WEB 2.0 dan WEB 3.0

Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.

Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.

Web 3.0 / Semantic Web
Waaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.

Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi   
Perkembangan teknologi yang  setiap tahun semakin berkembangan tidak dapat dipungkiri akan mempengaruhi pertumbuhan Social dan Ekonomi. Adapun dampak teknologi dibidang Sosial dan Ekonomi : 

Dampak positif teknologi di bidang sosial
-Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin    besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Sementara dampak negatif yang diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
-Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja   dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam rohani”.

Dampak teknologi  di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.       Pertumbuhan ekonomi  yang semakin tinggi
2.       Terjadinya industrialisasi
3.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat

Sedangkan dampak negatif teknologi di bidang ekonomi salah satunya adalah pembajakan.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.
Metodologi Web Science

Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.

Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu.
 
Arsitektur Web dan Aplikasi Utama:
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

Beberapa aplikasi utamanya :
1. HTTP
HTTP merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Pengertian HTTP / Definisinya adalah sebuah protokol untuk melakukan akses antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80 atau 8080).
2. HTML
HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser) .
3. Internet   

Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. 
4. Web Server
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalah Apache. Apache merupakan server web antar platform yang dapat berjalan di beberapa platform seperti linux dan windows. Web Server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan  

5. Browser 
Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. 
6. Transactions
Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. 

7. User Generated Content 
User-generated Content atau disingkat UGC, dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content (UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang diproduksi oleh end-user.  
8. Blogs
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.
9. Wikis 

Wiki merupakan salah satu kategori Website. Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham.  Menurut Wikipedia, ensiklopedia bebas: Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.
10. Folksonomies
Folksonomy itu sendiri adalah Bentuk sederhana dari kosa kata bersama tidak muncul dalam sistem bookmark sosial (folksonomy). Penandaan kolaborasi menunjukkan suatu bentuk system yang komplek atau mengorganisir diri dinamika.
11. Social Network 

Media sosial (Social Networking) adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

WEB SEMANTIK
Web Semantik (atau Web Bermakna) merujuk kepada teknik yang memungkinkan konten pada Web untuk dapat lebih dimengerti oleh komputer. Istilah Web Semantik itu sendiri dicetuskan oleh Tim Berners-Lee,[1] penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip Web Semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan, Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Teknologi Web Semantik ini antara lain adalah RDF, OWL dan SPARQL.
Tim Berners-Lee berkata:
‘’People keep asking what Web 3.0 is. I think maybe when you've got an overlay of scalable vector graphics - everything rippling and folding and looking misty - on Web 2.0 and access to a semantic Web integrated across a huge space of data, you'll have access to an unbelievable data resource‘’

Untuk membangun web semantik yang harus dipahami adalah :
•    XML
•    RDF
•    OWL
•    Microformarts
•    Microdata

Tentang XML, RDF, OWL, Microformarts, Mickrodata

o    XML
Apakah XML Itu ?
XML kependekan dari eXtensible Markup Language, dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tetapi turunan dari SGML yang telah dikembangkan diawal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis proyek-proyek berskala besar.

o    RDF
Resources Description Framework (RDF) telah dirancang untuk menghubungkan Web-based Data sumber untuk Semantic Web yang muncul dengan biaya yang relatif rendah [5]. Menurut penemunya, model RDF data mirip dengan model berorientasi obyek, tetapi kita berpikir bahwa itu adalah benar-benar dekat dengan model data fungsional .

o    OWL
OWL adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax XML (eXtended Markup Language). Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS (XML Schema), RDF (Resource Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan OWL itu sendiri.

o    Microformats
Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.

o    Microdata
Microdata merupakah sebuah mekanisme anotasi berupa pasangan variabel dan nilai yang diberikan pada sebuah dokumen HTML. Anotasi yang diberikan dapat menambahkan arti dari data yang tertuang dalam sebuah dokumen HTML.

o    Web Security
Dalam dunia Teknologi Informasi khususnya INTERNET istilah World Wide Web ( WWW ) sudah tidak asing di telinga kita, World Wide Web merupakan system pertukaran informasi melalui internet. Web dibangun melalui program yang dinamakan Web Server, yang membuat informasi-informasi dapat tersedia dalam jaringan. Sedang untuk mengakses atau menampilkan informasi yang tersimpan dalam server-server tersebut kita gunakan Web browser ( IExplorer, Opera, Mozilla, Netscape, dll ) .

Penutup :
Sekian postingan dari kelompok kami semoga bermanfaat bagi semuanya, jika ada kesalahan penulisan atau kata-kata mohon dimaafkan. "Terima kasih".
 

No comments:

Post a Comment