Jan 7, 2016

Analisa SWOT


Setelah postingan sebelumnya membahas tentang Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan, maka postingan selanjutnya adalah membahas tentang analisa SWOT. Berikut penjelasannya. 

II. Analisa SWOT

1. Apa itu analisa SWOT ?

Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strenghts), kelemahan(weaknesses), peluang(opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktr itulah yang membentuk akronim SWOT(strengths,weaknesses,oppurtunities, dan threats).
                                                         (sumber gambar : wikipedia)

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi factor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarna 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan fortune 500. 

2.  Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :

·      Strenght (S) yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

·      Weaknesses (W) yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

·      Opportunity (O) yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.

·      Threats (T) yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

3. Manfaat analsis SWOT

Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Itulah pembahasan dari postingan kali ini yaitu “Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan” yang membahas tentang badan usaha, bentu-bentuk badan usaha, jenis badan usaha yang ada di Indonesia, prosedur legalitas dan pendirian perusahaan serta studi kasus mengenai perusahaan yang bergerak dalam bidang TI, dan pembahasan kedua yaitu tentang “Analisa SWOT” yang membahas tetang Analisa Swot, penjelsan 4 komponen SWOT dan manfaat analisa SWOT. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Sekian postingan kali ini, Gomawo :)

Referensi :  
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT 
http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html


No comments:

Post a Comment