Jan 7, 2016

Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan

Tugas Mata Kuliah : Softskill (Pengantar Bisnis Infromatika)
Nama : Dewa Gede Oka Rahadian
NPM : 51412938 
Kelas : 4IA03


Hallo sahabat bloger, semoga selalu dalam keadaan yang baik. sehubungan dengan Tugas Softskill di semester 7 ini , kali ini saya akan membahas sesuai dengan judul postingan ini yaitu yang pertama adalah "Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan" dan yang kedua adalah " Analisa SWOT". Mungkin banyak dari sahabat bloger yang sudah pernah atau belum mengetahui tentang Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan, baiklah langsung saja ke pembahasan.




I. Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan



1. Badan Usaha

Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Bdan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataanya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah temapat di mana Badan Usaha itu mengolah factor-faktor produksi.

2. Bentuk-bentuk Badan Usaha
·   Perusahaan Perseorangan (Proprietorship)
·   Perusahaan Kemitraan / Partnership (Firma, CV)
·   Korporasi / corporation

Perusahaan Perseorangan adalah bisnis yang dimiliki oleh seorang Pemilik.

Keuntungan Perusahaan Perseorangan :
1.      Semua laba hanya untuk pengusaha
2.      Pengendalian seutuhnya
3.      Organisasi sederhana
4.      Pajak rendah

Kerugian Perusahaan Perseorangan :
1.      Bertanggung jawab atas semua kerugian
2.      Dana terbatas
3.      Ketrampilan terbatas
4.      Tanggung jawab tidak terbatas         


Perusahaan Kemitraan/Partnership
Keuntungan :
1.      Dana tambahan
2.      Kerugian ditanggung bersama
3.      Lebih ada spesialisasi

Kerugian :
1.      Berbagi pengendalian
2.      Tanggung jawab tidak terbatas
3.      Berbagi laba

Korporasi
Keuntungan :
1.      Tanggung jawab terbatas
2.      Akses terhadap modal
3.      Transfer kepemilikan

Kerugian :
1.      Biaya keorganisasian tinggi
2.      Transparansi publik
3.      Masalah keagenan
4.      Pajak tinggi

3. Jenis-Jenis Badan usaha Di Indonesia

Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.


BUMN
Badan Usaha Milik Negara (atau BUMN) ialah badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah. Status pegawai badan usaha-badan usaha tersebut adalah karyawan BUMN bukan pegawai negeri. BUMN sendiri sekarang ada 3 macam yaitu Perjan, Perum dan Persero.

Perjan
Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat, Sehingga selalu merugi. Sekarang sudah tidak ada perusahaan BUMN yang menggunakan model perjan karena besarnya biaya untuk memelihara perjan-perjan tersebut sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN. Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) kini berganti menjadi PT.KAI

Perum
Perum adalah perjan yang sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. Sama seperti Perjan, perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri. Namun perusahaan masih merugi meskipun status Perjan diubah menjadi Perum, sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian saham Perum tersebut kepada publik (go public) dan statusnya diubah menjadi persero.

4. Prosedure dan Legalitas Pendirian Usaha
Mengapa Mendirikan Badan Usaha ?
1.  Untuk Hidup
2.  Bebas dan tidak terikat
3.  Dorongan Sosial
4.  Mendapat Kekuasaan
5.  Melanjutkan Usaha Orang Tua

Faktor-faktor yang Harus Dihadapi Dalam Pendirian Badan Usaha
1.  Barang dan Jasa yang akan dijual
2.  Pemasaran barang dan jasa
3.  Penentuan harga
4.  Pembelian
5.  Kebutuhan Tenaga Kerja
6.  Organisasi intern
7. Pembelanjaan
8. Jenis badan usaha yang akan dipilih, dll

Badan Hukum Sebuah Perusahaan
o  Sebuah Usaha yang dilindungi oleh hukum dan perundang-undangan yang berlaku pada suatu Negara
o  Memiliki hak dan kewajiban kepada Negara Proses Pendirian Badan Usaha
o  Mengadakan rapat umum pemegang saham
o  Dibuatkan akte notaris 
o  Didaftarkan di pengadilan negeri (dokumen : izin domisili, surat tanda daftar
o  Diberitahukan dalam lembaran negara (legalitas dari Kementerian Kehakiman)


5. Studi Kasus
 Perusahaan yang bergerak dibidang TI

Latar Belakang Perusahaan
Perkembangan dunia IT yang begitu cepat, memberikan andil yang tidak kecil terhadap segala sudut kehidupan. Era internet pun datang merambah seluruh ruang aktivitas kita.
Laju perkembangan IT berimbas pada semakin meningkatnya kebutuhan akan penerapan IT dalam dunia bisnis. Persaingan bisnis yang semakin keras, menuntut pelaku-pelaku-nya untuk bisa berinovasi menerapkan tool-tool pendukung untuk selalu bisa bertahan atau minimal tidak tertinggal jauh. Salah satu tool pendukung itu adalah pemberdayaan teknologi informasi.
Untuk memenuhi kebutuhan itu, Kami datang membawa segudang solusi dalam bidang IT. Pengalaman panjang kami di lingkungan bisnis IT Jepang maupun dalam menangani project-project langsung dari client kami di Jepang dengan tuntutan kwalitas tinggi dan deadline yang sangat singkat, memompa spirit kami serta meningkatkan rasa percaya diri kami untuk bisa berkarya lebih baik. Kami siap memberikan solusi-solusi dalam bidang IT demi perbaikan bisnis atau aktivitas anda.

Tentang Perusahaan
PT. Prima Softindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT Consulting yang berada di DKI Jakarta. Didirikan oleh sekelompok ex-karyawan sebuah perusahaan IT Jepang. Bekerja sama dengan Prime Strategy co. ltd. yang berpusat di Japan. Kami menawarkan service di bidang Web Application, Website Development, dan Web marketing (SEM, SEO, etc.), sebagai salah satu strategy bisnis Anda dengan konsep Model Business-to-business (B2B), consumer to business (C2B) and Business-to-employee (B2E). Selain itu kami memberikan layanan konsultasi (Training dan Education Program), untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang system administrasi dan proses pembelajaran online.

Maksud Dan Tujuan
Untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi di dalam bidang TI demi perbaikan bisnis atau aktivas.

Visi & Misi
Perbaikan dalam aktivitas anda adalah sasaran dan tanggungjawab kami. Karena kami memang mendambakan kerjasama yang SALING MENGUNTUNGKAN sesuai dengan motto kami, “Connect You to the IT’s World”.
Kami mempunyai misi, memberi solusi kebutuhan customer yang berorientasi memasarkan produknya lebih luas. Disamping itu, kami menjalin kemitraan dengan perusahaan lokal dan asing. Dan sebagai core product, kami memberikan service pembuatan web site yang menggabungkan unsur-unsur usability, user friendly, yang disesuaikan dengan kebutuhan customer. Deliver the best IT product for the best people and company.
 

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_usaha
http://www.lawindo.biz/prosespendiriancv.htm
http://prima-softindo.co.id/id/

No comments:

Post a Comment