Nama : Dewa Gede Oka R.
NPM : 51412938
Kelas : 4IA03
Tugas Pengantar Bisnis Informatika
A. Pengertian
Bisnis
1. Pengertian Bisnis Menurut Hooper
Bisnis adalah segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industry,perbankan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which save and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.
2. Pengertian Bisnis Menurut Urwick dan Hunt
Bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan , ataupun enyediakan segala barang atapun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
3. Pengertian Bisnis Menurut Prof. Owen
Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-baranf untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.
4. Pengertian Bisnis Menurut Prof.L.R. Dicksee
Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Informatika
Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
Bisnis Infromatika
Suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.yang dimaksud teknologi informasi disini mencaup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
NPM : 51412938
Kelas : 4IA03
Tugas Pengantar Bisnis Informatika
A. Pengertian
Bisnis
1. Pengertian Bisnis Menurut Hooper
Bisnis adalah segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industry,perbankan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which save and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.
2. Pengertian Bisnis Menurut Urwick dan Hunt
Bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan , ataupun enyediakan segala barang atapun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
3. Pengertian Bisnis Menurut Prof. Owen
Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-baranf untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.
4. Pengertian Bisnis Menurut Prof.L.R. Dicksee
Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Informatika
Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
Bisnis Infromatika
Suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.yang dimaksud teknologi informasi disini mencaup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
B. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro dan makro ekonomi :
1. Fungsi Mikro Bisnis
-Pekerja/Keryawan
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro dan makro ekonomi :
1. Fungsi Mikro Bisnis
-Pekerja/Keryawan
Pekerja
menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer
menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukan besarnya omzet
penjualan dan laba.
-Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen,memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
-Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.
2. Fungsi Makro Bisnis
Konstribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
-Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab peusahaan
-Bangsa dan Negara
Tanggung jawab Bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
-Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen,memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
-Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.
2. Fungsi Makro Bisnis
Konstribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
-Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab peusahaan
-Bangsa dan Negara
Tanggung jawab Bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
C. Contoh Bisnis
Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis dari berbagai bidang :
1. Bisnis Rumahan
Kegiatan bisnis yang menjual barang (produk) atau jasa dalam skala yang lebih kecil.
Contoh : warung nasi, toko kue rumahan.
2. Bisnis perbankan
Kegiatan bisnis ini meliputi penggolahan keuangan dan transaksi keuangan pada bank.
Contoh : penyimpanan uang atau menabung, pinjam (kredit),dll.
3. Bisnis Jasa
Kegiatan bisnis ini menjual pelayanan dengan jasa atau keahlian seseorang yang memang ahli pada bidangnya.
Contoh : Jasa pengacara, Notaris,dll.
4. Bisnis Manufaktur
Kegiatan bisnis ini menghasilkan suatu produksi yang untuk dijual yang bersal dari barang mentah.
Contoh : penjualan Mabel, tekstil (kain), dll.
D. Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Saat
ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat . hal ini
dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memenfaatkan
perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual-beli online
(e-commerce), konsultan IT, Software house, infrastruktur komputer dan
masih banyak lagi.
Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang
yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan
software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada
alat hitung dan membutuh kan hardware yang berukuran sangat
besar,tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang
informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini sudah sangat
banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi
database,internet,game online,jual beli online,situs jejaring sosial dan
lain lain.
Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia
tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di
indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh,
banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk
berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah
yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis
informatika di indonesia.
Selain karena faktor pengguna, faktor
lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor
modal. berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan
banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang
informatika yang dipilih karena faktor tersebut. cukup dengan membuat
sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking (
sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan
sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.
Dilihat
dari faktor – faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis
informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di
indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri
bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung
dengan bidang informatika.
E. Aspek
1. Keuntungan individu dan kelompok
2. Penciptaan Nilai
3. Penciptaan Barang dan Jasa
4. Keuntungan melalui Transaksi
F. Proses
Proses
Bisnis adalah suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk
menyelesaikan suatu masalah tertentu. Analisi proses bisnis umumnya
melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamanya hingga tingkatan
aktivitas atau kegiatan. Beberapa karateristik umum yang dianggap harus
dimiliki suatu proses bisnis adalah:
1. Definitif : Suatu proses bisnis harus memiliki batasan,masukan serta keluaran yang jelas.
2. Urutan : Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil sesuai waktu dan ruang.
3. Pelanggan : Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
4. Nilai tambah :Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
5. Keterikatan : Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melaikan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
6. Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus,mencaup beberapa fungsi.
G. Karakteristik Bisnis
1. Menyita waktu pribadi dan keluarga
2. Butuh kekuatan mental yang luar biasa
3. Butuh amunisi keuletan dan tidak gampang menyerah
4. Selalu memenfaatkan kegagalan untuk keberhasilan
5. Menutup setiap celah yang mengarah pada kegagalan
6. Kesalahan memilih mitra atau karyawan dapat berakibat fatal
7. Harus pandai bernegosiasi
8. Tergantung ukuran kemampuan finansial sendiri
H. Contoh Bisnis Informatika Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. E-commerce
Merupakan
suatu usaha yang berkatan dengan jual beli barang dengan menggunakan
media online (internet). Seperti tokobagus.com, olx dan lain-lain
2. Smart card
Prinsip dari smart card ini tidak jauh beda dari pemakaian kartu atm.
Sumber
http://www.dosenpendidikan.com/20-pengertian-dan-tujuan-bisnis-menurut-para-ahli/
http://taskboardftw.blogspot.co.id/2012/10/konsep-dan-fungsi-bisnis.html
http://muhammadyusuf-gunadarma.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html
http://idaaaann.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-definisi.html
http://faris6593.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-semester-7-gunadarma.html
http://mabokbisnis.com/index.php/buku-mabuk-bisnis/18-books/mabok-bisnis/mengenal-bisnis/16-karakter-utama-bisnis
http://tiopratamaagung.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html
singkat dan jelas
ReplyDeleteMakasih banyak telah berkunjung :)
Delete